Makalah Asbabun Nuzul

Makalah 2021 - Makalah Asbabun Nuzul membahas tentang Apa pengertian asbab an-nuzul, Sebutkan dan jelaskan macam-macam Asbab an-Nuzul, Bagaimana ungkapan-ungkapan asbab an-nuzul, Jelaskan kaidah-kaidah Asbab an-Nuzul, Apa kegunaan asbab an-nuzul. Berikut Makalah Tentang Asbabun Nuzul

Makalah Asbabun Nuzul

Makalah Asbabun Nuzul

BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Al-Qur’an bukan merupakan sebuah “buku” dalam pengertian umum, karena tidak pernah diformulasikan, tetapi diwahyukan secara berangsur-angsur kepada Nabi Muhammad SAW. Pewahyuan Al-Qur’an secara total dalam sekali waktu secara sekaligus adalah sesuatu yang tidak mungkin, karena pada kenyataannya Al-Qur’an diturunkan sebagai petunjuk bagi kaum muslimin secara berangsur-angsur sesuai dengan kebutuhan – kebutuhan yang timbul.

Sebagian tugas untuk memahami pesan dari Al-Qur’an sebagai suatu kesatuan adalah mempelajarinya dalam konteks latar belakangnya. Latar belakang yang paling dekat adalah kegiatan dan perjuangan Nabi yang berlangsung selama dua puluh tiga tahun di bawah bimbingan Al-Qur’an. Terhadap perjuangan Nabi yang secara keseluruhan sudah terpapar dalam sunnahnya, kita perlu memahaminya dalam konteks perspektif, karena aktivitas Nabi berada di dalamnya.

Tanpa memahami masalah ini, pesan Al-Qur’an sebagai suatu kebutuhan tidak akan dapat dipahami. Orang akan salah menangkap pesan-pesan Al-Qur’an secara utuh, jika hanya memahami bahasanya saja, tanpa memahami konteks historisnya. Agar dipahami secara utuh, Al-Qur’an harus dicerna dalam konteks perjuangan Nabi dan latar belakang perjuangannya. Oleh sebab itu, hampir semua literatur yang berkenaan dengan Al-Qur’an menekankan pentingnya asbab an-nuzul.(1)

Mengungkapkan sebab turunnya ayat Al Quran melalui kisah adalah suatu cara menerangkan yang jelas mengenai sesuatu yang bernilai tinggi. Hal itu seolah-olah merupakan puncak keindahan seni sastra disamping tujuan mulia agama. Asbabun Nuzul tidak lain adalah kisah nyata, baik penyajiannya dan pemecahannya, kerumitannya dan keruwetannya, maupun manusia-manusia, pelakunya serta kejadian peristiwanya. Dengan demikian ayat-ayat Al Quran senantiasa dibaca orang pada setiap waktu dan tempat dengan minat yang amat besar. Pembacanya sama sekali tidak merasa bosan, kendati berulang kali menjumpai hikayat manusia terdahulu. Setiap saat dirasakan sebagai kisah kita sendiri.

Itulah sebabnya banyak orang tidak mengutahui asbab an-nuzul terperosok kedalam kebingungan dan keragu-raguan. Mereka mengartikan ayatayat Al Quran tidak sebagaimana yang dimaksud oleh ayat-ayat itu sendiri. Mereka tidak dapat memahami dengan tepat hikmah illahi didalam ayat yang diturunkan-Nya

(1) Rosihon Anwar, Ulumul Qur’an (Bandung: CV Pustaka Setia, 2010), hlm. 59.

makalah asbabun nuzul by Masbabal.Com on Scribd